Tuesday, January 14, 2014

28 Juta Dollar Tebusan Dibayar Kepada Al Qaeda Untuk Empat Sandera Perancis di Nigeria

Empat orang Perancis yang disekap selama tiga tahun oleh afiliasi Al Qaeda di Nigeria dipersatukan kembali dengan keluarga mereka, di tengah laporan bahwa uang tebusan sebesar minimal € 20 juta (28 juta dollar) telah dibayarkan untuk pembebasan mereka.

Keempat orang itu diculik oleh Al-Qaeda di Maghreb Islam di Nigeria utara pada tahun 2010 dan telah diterbangkan ke bandara militer dekat Paris, di mana mereka bertemu dengan keluarga mereka dan Presiden Prancis Francois Hollande.

Berdiri bersama empat mantan sandera, Hollande menyebut mereka "warga Perancis besar yang membawa kehormatan Perancis".

Thierry Dol, 32 tahun, Daniel Larribe, 62 tahun, Pierre Legrand, 28 tahun, dan Marc Feret, 46 tahun, diculik pada tanggal 16 September 2010, di pabrik uranium Arlit di mana mereka bekerja untuk perusahaan nuklir Perancis Areva dan kelompok konstruksi Vinci.

Laporan dari AFP menunjukkan bahwa tim negosiasi Nigeria yang menjamin pembebasan sandera mengatakan bahwa meski Perancis tidak mengakui membayar uang tebusan. "Antara € 20 sampai € 25.000.000 dibayar untuk memperoleh pembebasan para sandera Perancis," kata laporan itu.

Surat kabar Prancis Le Monde juga mengutip seorang sumber yang dekat dengan perundingan mengatakan lebih dari € 20 juta sudah dibayar.

Pejabat Prancis membantah pembayaran uang tersebut, kantor presiden Perancis mengatakan : "Perancis tidak membayar uang tebusan."

No comments:

Post a Comment