Saturday, September 21, 2013

Strategi Pricing: Mengenal konsep Jenis-Jenis Penjualan Konvensional



Dalam artikel ini kita akan mengenal jenis-jenis strategi pricing pada konsep penjualan konvensional. Dengan mengenal konsep ini, kita berharap bisa memahami dan membuat kosep strategis yang lebih bagus dan sesuai dengan konsep marketing syariah.  

Dalam marketing mix, strategi pricing kadang menjadi suatu hal yang agak terlupakan. Sebenarnya, strategi pricing mempunyai peranan yang sangat besar dalam laba perusahaan dan sudah seharusnya memperoleh pertimbangan yang sama layaknya dengan strategi promosi dan iklan. Harga yang tinggi atau rendah dapat mengubah volume penjualan dan gross margin secara dramatis.

Faktor-faktor seperti five forces juga menentukan strategi pricing yaitu pesaing, pemain baru. supplier, produk substitusi dan pelanggan. Positioning juga menentukan strategi pricing Anda. Jika Anda memberi harga barang premium terlalu murah, maka pelanggan tidak akan percaya bahwa Anda memiliki kualitas yang cukup baik. Bwgitu pula jika Anda menetapkan harga terlalu tinggi, maka pelanggan bisa jadi akan beralih ke pesaing. Beberapa jenis strategi pricing adalah sebagai berikut:

Competitive pricing
Menggunakan harga ritel (atau grosir) sebagai acuan harga Anda. Apakah Anda menerapkan harga sedikit di bawah, diatas atau sama dengan competitor, tergantung pada strategi positioning Anda. Anda harus mengumpulkan informasi mengenai harga pesaing dan melekukan observasi dulu sebelumnya.

Cost plus mark up
Kebijakan ini adalah kebalikan dari competitive pricing. Disini Anda tidak melihat ke pasar, melainkan struktur biaya Anda senditi. Tentukan berapa keuntungan yang Anda inginkan dan masukkan ke dalam perhitungan biaya untuk menentukan harga jual. Melalui metode ini, maka akan ada unit margin yang jelas, namun harga bisa jadi tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan sehingga kurang menghasilkan laba.

Loss leader
Loss leader adalah item yang Anda jual dengan harga sama ataupun di bawah biaya dalam rangka menjaring pelanggan, yang juga akan membeli item-item dengan laba besar. Ini adalah teknik jangka pendek yang baik jika Anda memiliki pelanggan yang membeli banyak item secara bersamaan. Contohnya adalah Mie Sedap ketika pertama kali muncul, mereka menggempur Indofood dengan cara ini. Hasilnya, mereka sukses menggerus pangsa pasar Indofood.

Close out
Manfaatkan teknik pricing ini jika Anda memiliki persediaan lebih (excess inventory). Jual persediaan dengan diskon besar untuk menghabiskan persediaan. Kali ini tujuan Anda adalah meminimalisir kerugian, bukannya menghasilkan laba. Contohnya antara lain adalah CLEARANCE SALE atau obral di pertokoan yang sering kita jumpain.

Membership
Metode ini dilakukan dalam rangka segmentasi pelangan. Metode ini menarik pelanggan dari segmen yang menguntungkan dengan memberi mereka harga spesial. Bentuknya bisa berupa harga lebih rendah untuk item tertentu, diskon khusus, maupun hadiah produk gratis. Contohnya banyak, antara lain Vibiznews sendiri, menyediakan berbagai privilege bagi member premium, antara lain diskon khusus dan akses ke berbagai fasilitas.

Bundling & quantity discounts
Salah satu cara memberi reward pada orang yang membeli dalam jumlah besar adalah lewat quantity discount atau bundling. Tetapkan harga per unit lebih rendah ketika pelanggan membeli kuantitas dalam jumlah lebih banyak. Alternatif lainnya, tetapkan harga lebih rendah ketika pelanggan membeli sebundel produk atau beberapa item terkait. Gabungkan persediaan yang berlebih dengan item yang popular untuk menghindari kerugian. Atau gabungkan item popular dengan produk baru untuk menciptakan awareness. Contohnya sering kita jumpai pada ritel, dimana beberapa produk digabungkan menjadi satu bundle dan dilabeli harga khusus.

Versioning
Versioning popular pada produk jasa maupun teknikal, dimana Anda menjual produk yang sama dalam konfigurasi yang berbeda. Versi trial ataupun dasar mungkin diberikan dalam harga rendah atau gratis, dengan upgrade atau layanan tambahan dalam harga lebih tinggi. Contohnya banyak pada produk-produk software. Trial umumnya dapat diperoleh gratis lewat internet. Namun, untuk upgrade, kita harus membeyar sejumlah tertentu.

Jangan tergesa-gesa, pertimbangkan dengan baik dan putuskan dengan seksama. Mana strategi pricing di atas yang paling tepat bagi Anda.

Konsep Universal Marketing Syariah



BMT Syariah - Kali ini kami menurunkan artikel tentang konsep marketing syariah yang bisa dipakai secara universal. Keutamaan nilai dasar dari marketing syariah adalah kejujuran dan integritas.


Guru dalam ilmu marketing di Indonesia Hermawan Kertajaya dan praktisi keuangan syariah di Indonesia, M Syakir Sula menyatakan bahwa konsep marketing dalam perspektif syariah berbeda dari marketing konvensional berbeda.


''Syariah marketing itu berdasarkan nilai Islam,'' kata Hermawan Kertajaya dari MarkPlus anda Co. Hermawan mengaku beragama Katolik. Namun ia mengakui sifat universal dalam prinsip Islam. Termasuk dalam konsep marketing. ''Ini nilai spiritual dan universal sifatnya.''

Hermawan mengambil contoh Nabi Muhammad SAW, menyatakan dengan konsep rahmatan lil alamin, Nabi Muhammad ingin nilai spiritual dalam Islam ini tak hanya dimonopoli oleh umat Islam. ''Umat lain pun boleh mempelajari dan menerapkannya.'' Hermawan mengatakan tidak masalah bila konsep marketing syariah dijual dan dijadikan tema di Indonesia. ''Ini nilai Islam yang merupakan agama yang dianut oleh mayoritas populasi di Indonesia,'' katanya. Nilai itulah yang harus ditonjolkan.

Hermawan menyatakan syariah mengendorse marketing dalam arti orang yang bekerja di bidang marketing harus mengedepankan nilai kejujuran atau transparansi dan integritas. Tapi marketing mengendorse syariah dalam hal profesional. ''Mengapa sampai sekarang orang Arab masih enggan menempatkan dananya di Indonesia, semata karena mereka menilai kita belum profesional,'' katanya. Jujur saja menurut Hermawan belum cukup. ''Kita harus membuktikan diri bahwa kita profesional dalam bekerja.''

Konsep marketing syariah, kata Hermawan, meluruskan konsep yang keliru dalam marketing. Ia mencontohkan bagaimana marketing diartikan sebagai cara untuk menjual produk sebanyak-banyaknya, mengemas produk dalam model terbaik, mendorong agar orang mau membeli sekalipun dengan model pemaksaan dan lainnya. ''Itu konsep yang keliru dan harus diluruskan.'' Inti utama dari konsep marketing syariah adalah integritas dan kejujuran.

Syakir Sula mengupas tentang dasar syariah marketing, implementasi syariah marketing dan bagaimana membangun bisnis berdasarkan nilai syariah. Syariah memandu manusia untuk memelihara sifat humanity (kemanusiaan). ''Manusia menjadi terkontrol, seimbang dan bukan manusia yang serakah yang menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.''

Menurut penjelasan Syakir, ada empat karakter marketing syariah yang menjadi panduan bagi para pemasar. 

Karakter pertama adalah rabbaniyah atau teistis, etis, realistis dan humanitis. Karakter teistis adalah seorang marketer syariah harus meyakini bahwa Allah SWT selalu dekat dan mengawasinya. Marketer harus yakin bahwa ia akan dimintai pertanggung jawabah di hari akhir. Ia tidak zalim dalam harga, produk serta berpromosi.

Karakter kedua adalah etis adalah bahwa seorang pemasar harus amat peduli dengan nilai etika dan moral tak peduli apapun agamanya.

Karakter ketiga dari seorang marketing syariah adalah realistis. Maksudnya adalah marketer itu profesional, santun dan rapi dalam penampilan serta tidak kaku atau luwes dalam bergaul. Sedangkan karakter keempat adalah humanistis atau seorang marketer harus menjaga keseimbangan, tidak serakah melainkan peduli pada keadaan sosial.

Pada umumnya etika marketing syariah yang harus dijunjung tinggi dalam memasarkan satu produk atau brand adalah memiliki kepedulian spiritual (takwa), berperilaku baik dan simpatik, adil dalam berbisnis, melayani dan rendah hati, menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpercaya, tidak suka berburuk sangka, tidak suka menjelek-jelekan orang lain serta menghindari sogok atau riswah.

Jika anda berminat membaca buku Marketing Syariah, silahkan membeli di toko buku yang ada di kota anda. Apabila berminat membaca secara digital, silahkan download di link ini.

Friday, September 13, 2013

BTPN Career Opportunities

Dear readers,

You should know that BTPN is more than just a bank for the mass market, they're see working together to bring meaning and significance to our customers, fellow employees and the wider communities that company are a part of.

BTPN structured career development programmes come with in-depth training and development courses. BTPN volunteer programmes enable staff from one line of business to better understand the customer segments of other business lines so that we are truly "One Bank" with a single unified vision and cause.


BTPN invite you to join our recruitment and be part of company :
Placement in Jabodetabek:
BTPN Mitra Usaha Rakyat
BTPN Sinaya
BTPN Syariah


Placement outside Jabodetabek:
BTPN Mitra Usaha Rakyat
BTPN Mitra Usaha Rakyat
BTPN Sinaya
BTPN Syariah


Send your CV to this email address:
BTPN Mitra Usaha Rakyat
BTPN Sinaya
BTPN Syariah


Please, visit here for more informations.